Jumat, 16 Januari 2009

rpp-pkn XII

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Standart Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendiskripsikan Pancasila sebagai idiologi terbuka
1.2. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
1.3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai idilogi terbuka

Indikator :
Pertemuan I :
 Mendiskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
 Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
 Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai idiologi negara
Pertemuan II
 Membedakan idiologi terbuka dan idiologi tertutup
 Mendiskripsikan makna Pancasila sebagai idiologi terbuka
Pertemuan III
 Mendiskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai
 Mendiskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Pertemuan IV
 Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
 Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai idiologi terbuka

Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran ( 4 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendiskripsikan Pancasila sebagai idiologi terbuka , menganalisis Pancasila sumber nilai dan paradigma pembangunan serta siswa dapat menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka.

II. Materi Ajar ( Materi Pokok )
Pertemuan I
Pancasila sebagai idiologi terbuka
 Pengertian idiologi negara
 Makna ideology negara
 Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Pertemuan II
 Fungsi pokok Pancasila
 Membedakan idiologi terbuka dan idiologi tertutup


Pertemuaan III
Nilai-nilai Pancasila
 Pancisila sebagai sumber nilai
 Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Pertemuaan IV
 Perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila
 Sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka

III. Metode Pembelajaran
• Diskusi
• Tanya jawab
• Tugas kelompok
• Kooperatif teknik jigsaw
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuaan I
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti
• Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang , dinamakan kelompok kooperatif
• Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif yang terdiri atas :
1. Mendiskripsikan Pancasila sebagai ideology terbuka
2. Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
3. Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan idiologi negara
4. Membedakan idiologi terbuka dan idiologi tertutup.
• Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil , setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan oleh guru . Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
• Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan
• Guru memfasilitasi jika terdapat siswa /kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C. Kegiatan Penutup
• Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
• Guru menutup pelajaran dengan salam

Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu ( review )
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
B. Kegiatan Inti
• Membagi siswa dalam 8 kelompok , masing-masing kelompok 5 anggota
• Guru memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok yaitu : “ berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai idiologi terbuka “
• Siswa maju kedepan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
• Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi .
• Siswa menyerahkan laporan hasil diskusi secara tertulis kepada guru.
C. Kegiatan Akhir
• Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang telah dipelajari
• Guru menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan III
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Apersepsi materi pembelajaran minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
• Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
• Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
C. Kegiatan Akhir
• Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan IV
A. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan salam
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti
• Menidentifikasi berita di media elektronik ( TV, internet, dsb ) dan artikel dari media cetak ( buku koran, majalah dsb ) sehingga dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila.
• Siswa maju kedepan kelas berani mengemukakan pendapat / demonstrasi , tentang contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai idiologi terbuka .
C. Kegiatan Akhir
• Guru menegaskan kembali tentang materi sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka .
• Guru melakukan pos tes secara lisan tentang materi yang dipelajari
• Guru memberikan tugas / PR
• Guru menutup pelajaran dengan salam








V. Alat dan Sumber Bahan
A. Alat
o Kertas berisi undian
o OHP
o TV , gambar-gambar
B. Sumber Bahan
• Buku Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XII, Budiyanto, Penerbit Erlangga.
• Drs. Encang Iskandar, M.Pd dkk ( 2006 ) , Pendidikan Kewarganegaraan 3 PT Remaja Posda Karya Bandung .
• Drs. H. Suardi Abu Bakar dkk ( 2005 ) Kewarganegaraan 3 Yudistira , Jakarta .
• Artikel / berita dari media massa.
VI. Penilaian
• Tes tertulis berbentuk essay
• Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggungjawab individu terhadap kelompoknya.
• Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.



Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman




















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 45 ‘ 4 x 45 ‘ ( 2 x Pertemuan )
Standart Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai system pemerintahan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis system pemerintahan di berbagai negara

Indikator :
 Mendiskripsikan pengertian system pemerintahan
 Mengklasifikasikan system pemerintahan presidensial dan parlementer di berbagai negara
 Menguraikan kelebihan dan kelemahan system pemerintahan presidensial dan parlementer
 Mengidentifikasikan cirri system pemerintahan presidensial dan parlementer
I. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat mendekripsikan pengertian system pemerintahan di berbagai negara

II. Materi Pembelajaran

System pemerintahan
• Pengertian system pemerintahan
• Sistem pemerintahan presidensial dan parlementer
• Ciri-ciri system pemerintahan presidensial dan parlementer

III. Metode Pembelajaran
• Informasi , diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
• Menyampaikan naskah materi pembahasan hari ini
• Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
B. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil : @ 4 orang dinamakan kelompok kooperatif
Kelompok koopertif









2. Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif
A. Mendiskripsikan pengertian system pemerintahan
B. Mengklasifikasikan system pemerintahan presidensial dan parlementer
C. Menguraikan kelebihan dan kelemahan system pemerintahan presidensial dan perlementer
D. Mengidentifikasikan cirri system pemerintahan presidensial dan parlementer
Jika jumlah siswa 40 orang berarti ada sepuluh kelompok terdapat kelompok yang membahas materi sama .
3. Setelah diskusi kelompok kecil selesai setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan guru , undian berisi materi yang didiskusikan
4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima jika anggota kelompok baru lebih banyak dan berasal dari kelompok kecil yang membahas materi berbeda disebut kelompok ahli .
Kelompok ahli : mendiskripsikan system pemerintahan





Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat , ikut aktif memberi informasi dan diskusi.
5. Kelompok ahli berkumpul ke kelompok kooperatif memberi informasi hasil diskusi kelompok ahli.
6. Wakil kelompok kooperatif mempresentasikan dan mengambil kesimpulan .
7. Guru memfasilitasi bila ada yang kesulitan dan mengklrifikasi jika terdapat kesalahan .

C. Kegiatan Penutup
• Guru memberi pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
• Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
• Guru memberi pos tes lisan
• Guru memberi tugas siswa untuk menyerahkan laporan hasil diskusi pertemuan berikutnya.

V. Alat dan Sumber Belajar
A. Alat :
• Kertas undian

B. Sumber
• Buku PKn Kelas XII SMA
• Tata Negara SMU Kelas 3
• Buku lain yang relevan
• Artikel , Berita media masa








VI. Penilaian

• Test tertulis Essay
• Penilaian diskusi kelompok
• Penilaian laporan tertulis




Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman
























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 45 ‘ ( 1 x Pertemuan )
Standart Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai system pemerintahan
Kompetensi Dasar : 2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan negara Indonesia
Indikator :
 Menguraikan system pemerintahan yang digunakn oleh negara Indonesia menurut UUD ‘45
 Membandingkan system pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD ’45 sebelum dengan sesudah perubahan.

I. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menguraikan system pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945 .

II. Materi Pembelajaran

System pemerintahan Negara Indonesia
a. System pemerintahan menurut UUD’45 awal kemerdekaan
b. Sistem pemerintahan Negara RI menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan

III. Metode Pembelajaran
a. Informasi , diskusi , tanya jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
1. Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
2. Menyampaikan pokok materi pelajaran materi pembahasan hari ini
3. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil : @ 4 orang dinamakan kelompok kooperatif
Kelompok koopertif









b. Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif
A Menguraikan system pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia Menurut UUD 1945
B Membandingkan system pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
Jika jumlah siswa 40 orang berarti ada sepuluh kelompok terdapat kelompok yang membahas materi sama .
c. Setelah diskusi kelompok kecil selesai setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan guru , undian berisi materi yang didiskusikan
d. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima jika anggota kelompok baru lebih banyak dan berasal dari kelompok kecil yang membahas materi berbeda disebut kelompok ahli .
Kelompok ahli : mendiskripsikan system pemerintahan di Indonesia menurut UUD 1945.





Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat , ikut aktif memberi informasi dan diskusi.
e. Kelompok ahli berkumpul ke kelompok kooperatif memberi informasi hasil diskusi kelompok ahli.
f. Wakil kelompok kooperatif mempresentasikan dan mengambil kesimpulan .
g. Guru memfasilitasi bila ada yang kesulitan dan mengklrifikasi jika terdapat kesalahan .

3 . Kegiatan Penutup
1. Guru memberi pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
3. Guru memberi pos tes lisan
4. Guru memberi tugas siswa untuk menyerahkan laporan hasil diskusi pertemuan berikutnya.

V. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
• Kertas undian

2. Sumber
• Buku PKn Kelas XII SMA
• Tata Negara SMU Kelas 3
• Buku lain yang relevan
• Artikel , Berita media masa








VI. Penilaian

• Test tertulis Essay
• Penilaian diskusi kelompok
• Penilaian laporan tertulis



Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman


































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 2 x 45 ‘ ( 1 x Pertemuan )
Standart Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai system pemerintahan
Kompetensi Dasar : 2.3. Membandingkan Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Yang Berlaku Di Indonesia Dengan Negara Lain
Indikator :
 Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan system pemerintahan Indonesia
 Membandingkan system pemerintahan Indonesia dengan negara lain

I. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :
 Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan system pemerintahan Indonesia
 Membandingkan system pemerintahan Indonesia dengan negara lain

II. Materi Pembelajaran

Pelaksanaan System pemerintahan Negara Indonesia
a. Kelebihan system pemerintahan Indonesia
b. Kelemahan Sistem pemerintahan Negara Indonesia
c. Perbandingan pelaksanaan system pemerintahan Indonesia dengan negara lain

III. Metode Pembelajaran
a. Informasi , diskusi , tanya jawab, penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
1. Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu ( review )
2. Menyampaikan pokok materi pelajaran materi pembahasan hari ini
3. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
a. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil : @ 4 orang
2. Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok
A Mengkaji berbagai buku media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan system pemerintahan negara RI
B Menanyakan kepada pejabat dilingkungan tentang kelebihan dan kelmahan system pemerintahan negara RI
C. Berdiskusi secara kelompok hasil kajian dan temuan dilapangan tentang identifikasi system pemerintahan Indonesia dibandingkan dengan negara lain.

3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok hasilnya diserahkan kepada guru untuk dibahas bersama sama dari hasil kelompok-kelompok, dan dibandingkan persamaan dan perbedaannya.
Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan diambil kesimpulan .

3 . Kegiatan Penutup
1. Guru memberi pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
3 Guru memberi pos tes lisan
4 Guru memberi tugas siswa untuk menyerahkan laporan hasil diskusi pertemuan berikutnya.

V. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
a. Bagan / sketsa
b. Gambar/ Foto
c. OHP
2. Sumber
1 Buku PKn Kelas XII SMA
2. Tata Negara SMU Kelas 3
3. Buku lain yang relevan
4. Artikel , Berita media masa
VI. Penilaian
• Non tes
Performance test ( tugas Kelompok / Individu )
• Test tertulis Essay
• Presentasi



Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendiskripsikan pengertian fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
3.2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
3.3. Mengevaluasi kebebasan pers dan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Indikator :
 Menguraikan pengertian fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
 Mendiskripsikan perkembangan pers di Indonesia
 Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
 Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
 Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
 Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
 Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan dalam kebebasan pers.
 Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
 Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat menguraikan pengertian fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
 Siswa dapat mendiskripsikan perkembangan pers di Indonesia
 Siswa dapat menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
 Siswa dapat menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
 Siswa dapat Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
 Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
 Siswa dapat menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan dalam kebebasan pers.
 Siswa dapat menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
 Siswa dapat menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers


II. Materi Pembelajaran
Peranan Pers
• Pengertian Pers
• Fungsi Pers
• Perkembangan Pers di Indonesia
• Peranan Pers dalam masyarakat demokratis
Kode etik jurnalistik
• Kode etik
• Penyimpangan kode etik jurnalistik oleh berbagai media
• Upaya –upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
Kebebasan Pers dan dampaknya
• Manfaat media masa dalam kehidupan sehari-hari
• Dampak dari penyalah gunaan kebebasan pers / media masa
III. Metode Pembelajaran
• Diskusi
• Penugasan
• Tanya jawab
• Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apresepsi
b. Motivasi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Pemberian materi dengan ceramah dan tanya jawab
b. Siswa dibagi dalam 7 kelompok
c. Pemberian materi dengan diskusi
3. Kegiatan penutup
a. Kesimpulan dari guru
b. Post test

Pertemuan II :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apresepsi
b. Motivasi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Pemberian materi dengan ceramah dan tanya jawab
b. Siswa dibagi dalam 7 kelompok
c. Pemberian materi dengan diskusi
3. Kegiatan penutup
a. Kesimpulan dari guru
b. Post test






Pertemuan III :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apresepsi
b. Motivasi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Pemberian materi dengan ceramah dan tanya jawab
d. Siswa dibagi dalam 7 kelompok
e. Pemberian materi dengan diskusi
3. Kegiatan Penutup
a. Kesimpulan dari guru
b. Post test
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat
1. Gambar / Foto
b. Sumber Bahan

1 Buku PKn Kelas XII SMA
2. Tata Negara SMU Kelas 3
3. Buku lain yang relevan
4. Artikel , Berita media masa
5. Undang-undang Pers
VI. Penilaian
• Non tes
Performance test ( tugas Kelompok / Individu )
• Test tertulis Essay
• Presentasi



Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.1. Mendiskripsikan proses , aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Indikator :
 Mengemukakan proses globalisasi
 Mendiskripsikan aspek globalisasi
 Mendiskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran

 Siswa dapat mengemukakan proses globalisasi
 Siswa dapat mendiskripsikan aspek globalisasi
 Siswa dapat mendiskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

II. Materi Pembelajaran
 Pengertian globalisasi
 Proses terjadinya globalisasi
 Aspek-aspek globalisasi
 Dampak positif dan negatif globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan

III. Metode Pembelajaran
 Diskusi informasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Menyampaikan informasi pendahuluan mengenai kompetensi yang sedang dipelajari
b. Memberikan motivasi tentang tujuan dan kegunaan memahami pengertian , proses dan aspek globalisasi
c. Informasi yang actual yang berhubungan dengan kompetensi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
a. Melalui penugasan individu memberikan berbagai artikel yang menguraikan pengertian dan proses globalisasi
b. Siswa diminta untuk megkritisi berbagai artikel dari media masa
c. Siswa membuat laporan tertulis dalam buku tugas individu
d. Melakukan Tanya jawab dalam bentuk kuis tentang hal-hal yang menguraikan proses globalisasi

3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam proses globalisasi

Pertemuan II :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan dan kegunaan memahami dampak globalisasi
2. Kegiatan Inti
a. Membagi kelompok kelompok kecil dalam kegiatan pembelajaran
b. Memberikan penugasan kepada masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda
c. Setiap kelompok mempresentasikan secara ringkas hasil diskusi kelompoknya
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam proses menghadapi dampak negatif globalisasi


V. Sumber Belajar
• Buku Kewarganegaraan kelas XII SMA Erlangga
• Internet
VI. Penilaian
• Tehnik Penilaian : Tugas Individu
• Bentuk instrumen lembar laporan kegiatan
Intrumen
• Berikan pendapatmu tentang dampak globalisasi dari berbagai artikel
• Jelaskan proses globalisasi dalam bidang ekonomi , politik, sosial budaya, dan ilmu pengetahuan dan tehnoligi



Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.2. Megevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dang negara Indonesia

Indikator :
 Mendiskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
 Menunjukkan contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
 Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Menunjukkan sikan selektif terhadap pengaruh globalisasi

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mendiskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat menunjukkan contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
 Siswa dapat menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat menunjukkan sikan selektif terhadap pengaruh globalisasi


II. Materi Pembelajaran
 Pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
 Berbagai contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
 Implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi

III. Metode Pembelajaran
 Diskusi, informasi, tanya jawab dan penugasan







IV Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan dan kegunaan memahami dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
b. Informasi yang actual yang berhubungan dengan kompetensi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
a. Melalui penugasan individu memberikan berbagai kasus , permasalahan , peristiwa yang merupakan dampak langsung maupun tidak langsung dari globalisasi
b. Siswa diminta untuk menemukan sendiri berdasrkan kemampuannya dalam menyerap informasi dan tehnologi dampak globalisasi yang lain
c. Siswa membuat laporan tertulis dalam buku tugas individu
d. Melakukan tanya jawab dalam bentuk kuis tentang dampak globalisasi
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam dampak globalisasi
d. Post Test

Pertemuan II :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan dan pentingnya bersikap selektif terhadap globalisasi
2. Kegiatan Inti
a. Memfasilitasi siswa untuk menggali informasi melalui metode inquiri dan presentasi
b. Menyampaikan kepada siswa mengenai informasi terbaru , yang merupakan implikasi secara lansung dari proses globalisasi
c. Siswa diminta berkelompok
d. Siswa diminta untuk menemukan sendiri maupun bersama kelompoknya berdasarkan kemanpuanya dalam menyerap informasi dan tehnologi mengenai implikasi globalisasi.
e. Siswa membuat laporan tertulis dalam buku tugas individu dan laporan tugas kelompok
f. Melakukan tanya jawab dalam bentuk kuis tentang implikasi globalisasi dan perlu sikap selektif.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menegaskan, meluruskan , maupun menguatkan berbagai anggapan dan pendapat yang disampaikan oleh masing-masing siswa
b. Bersama-sama membuat kesimpulan
c. Bersama-sama memberikan pendapat mengenai sikap yang sepatutnya dilakukan dalam proses menghadapi dampak negatif globalisasi
d. Post Test



V. Sumber Belajar
• Buku Kewarganegaraan kelas XII SMA Erlangga
• Internet
• Media informasi

VI. Penilaian
• Tehnik Penilaian : Tugas Kelompok
• Bentuk instrumen : Lembar laporan kegiatan kelompok
Intrumen
• Bersama kelompoknya siswa dimohon menjelaskan implikasi globalisasi dalam berbagai kehidupan berbangsa dan bernegara serta sikap selektif
• Jelaskan proses globalisasi dalam bidang ekonomi , politik, sosial budaya, dan ilmu pengetahuan dan tehnoligi



Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman




























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMAN COLOMADU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XII / 2
Standart Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia

Indikator :
 Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi
 Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1 x Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia

II. Materi Pembelajaran
 Resensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Pemilihan topoik permasalahan tentang globalisasi
 Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi

III. Metode Pembelajaran
 Diskusi, informasi, tanya jawab dan penugasan


IV Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberikan motivasi tentang tujuan pembuatan karya tulis mengenai pengaruh globalisasi
b. Memberikan arahan mengenai format penulisan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan dan memberikan contoh karya tulis kepada siswa
c. Persiapan tempat

2. Kegiatan Inti
a. Menentukan kelompok-kelompok siswa
b. Memberikan contoh format penulisan untuk keseragaman
c. Siswa diminta menentukan topik yang akan dibahas
d. Siswa diarahkan untuk merencanakan pembagian tugas dalam penyusunan karya tulis
e. Siswa memulai membuat draft-draft penulisan
f. Setiap kelompok siswa dengan diberi alokasi waktu yang sama untuk mempresentasikan karya tulis


3. Kegiatan Penutup
a. Mempersiapkan pertemuan selanjutnya untuk presentasi, pengetikan naskah dan penjilidan
b. Tanya jawab
c. Evaluasi secara lengkap mengenai karya tulis yang dibuat oleh siswa
d. Bersama-sama membuat kesimpulan
V. Sumber Belajar
• Buku Kewarganegaraan kelas XII SMA Erlangga
• Internet
• Media informasi
• Drs. Encang Iskandar, M.Pd .dkk ( 2006 ) Pendidikan Kewarganegaraan 3 PT Remaja Rosda Karya Bandung
• Drs. H. Suardi Abu Bakar Dkk ( 2005 ) , Kewarganegaraan 3 Yudistira Jakarta

VI. Penilaian
• Tehnik Penilaian : Tugas Kelompok
• Bentuk instrumen : Lembar laporan kegiatan kelompok
Intrumen
• Bersama kelompoknya siswa dimohon mrnentukan topik dan selanjutnya dilakukan penulisan secara baik





Colomadu,01 Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMAN Colomadu Guru PKn




Drs. Maryanto, MM Drs. Sugiman

lamaran

Perihal : Lampiran Surakarta, 16 Nopember 2007


Yth. Mentari Pendidikan Nasional RI
Melalui Rektor Universitas Sebelas Maret
di surakarta.

Dengan hormat,
Berdasar surat edaran dari rektor Universitas Sebelas Maret tanggal 3 Nopember 2007 tentang adanya lowongan Formasi Tenaga Teknisi/Laboran, dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan ini kepada Mentri Pendidikan Nasional RI melalui rektor Universitas Sebelas Maret. Berikut data mengenai diri saya:
Nama : Roberto Bagio, S.Kom.
Tempat, tanggal lahir : Surakarta, 16 Januari 1981
Alamat KTP :Jl. Durian 13 Blok A No.23 Surakarta
Nomor telepon :085647111999

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :
1. Fotokopi Ijasah Sarjana Teknik Informatika (1 lembar)
2. Fotokopi Transkrip Nilai (1 lembar)
3. Fotokopi kartu Tanda Pencari Kerja (AK/1) (1 lembar)
4. Pas Photo hitam putih ukuran 3x4 (4 lembar)
5. Pas Photo hitam putih 2x3 (2 lembar)
6. Surat Keterangan Pengalaman Kerja (1 lembar)
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, dan besar harapan saya untuk dapat diterima sebagai tenaga BAUK Bagian kepegawaian da Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih.




Hormat saya,


(Roberto Bagio, S.Kom. )